Jakarta – Martabak menjadi salah satu camilan yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Kuliner ini bisa dijumpai saat sore menjelang malam sehingga sering dijuluki sebagai night street food karena memang dijual di pinggir jalan atau kedai pinggir jalan. Martabak yang ada di Indonesia terdiri dari dua jenis, yakni martabak manis atau martabak bulan dan martabak telur atau martabak asin. Sesuai dengan namanya, martabak manis merupakan jenis martabak dengan cita rasa manis seperti kue sedangkan martabak telur bercita rasa asin yang terbuat dari kulit dan telur dengan campuran daging cincang dan daun bawang. Di antara keduanya ini, kira-kira menurut kamu mana ya yang lebih sehat? Mari kita lihat perbandingannya!

Karbohidrat

Jika dilihat dari segi karbohidratnya, martabak manis yang terbuat dari campuran tepung terigu sudah pasti memiliki kadar karbohidrat yang leih tinggi. Kadar karbohidrat yang dimiliki satu potong martabak manis adalah sekitar 37 gram. Sedangkan untuk martabak telur per-potongnya hanya sekitar 0,2 gram saja.

Kalori

Berbeda terbalik dengan kadar karbohidrat, jumlah kalori yang terdapat pada martabak telur lebih tinggi dibandingkan martabak manis. Pasalnya, martabak telur terbuat dari dua atau lebih telur sehingga bisa menghasilkan banyak kalori. Satu potong martabak telur memiliki kandungan kalori sebanyak 431. Sedangkan martabak manis yang bertoping klasik yakni cokelat kacang keju hanya sekitar 300 kalori saja per potongnya.

Baca juga: Meskipun Sedikit Amis Telur Punya Manfaat yang Jarang Diketahui loh!