JAKARTA – Guna membantu UMKM binaan enam Kementerian/Lembaga untuk naik kelas, Gojek – perusahaan teknologi terdepan di Asia Tenggara menggelar seminar dan workshop yang bertemakan “Gojek Wirausaha #GerakanOnlineNusantara – UMKM Kreatif dan Mandiri kreasi Anak Bangsa. Enam Kementerian/Lembaga tersebut adalah Kementerian Koordinator Perekonomian, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perindustrian, Badan Ekonomi Kreatif, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Direktorat Jenderal Pajak-Kementerian Keuangan. Acara yang dibuka oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif – Triawan Munaf dihadiri oleh lebih dari 550 pelaku UMKM binaan Kementerian/Lembaga.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif – Triawan Munaf dalam keynote speech saat pembukaan acara tersebut menyambut baik kolaborasi yang dilakukan oleh Gojek bersama kementerian. “Indonesia sekarang merupakan negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara dengan pertumbuhan ekonomi digital tercepat. Potensi ini harus bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM di Indonesia. Ini supaya, kita bisa terus menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Pemanfaatan platform digital saya percaya mampu membuka akses bagi UMKM untuk naik kelas, mulai dari pasar yang lebih luas hingga pengelolaan usaha yang lebih baik. Kami berharap melalui Gojek Wirausaha – Gerakan Online Nusantara ini, UMKM kreasi anak bangsa dapat lebih kreatif dan mandiri.”

Dalam kesempatan yang sama Chief Public Policy & Government Relations Gojek Group, Shinto Nugroho mengatakan. “Sebagai technology enabler, Gojek berupaya menjawab tantangan yang dihadapi UMKM dengan memberikan kesempatan kepada mereka untuk berkembang dengan memanfaatkan teknologi kelas dunia dari Gojek. Tidak hanya itu, melalui Program Gojek Wirausaha #GerakanOnlineNusantara, Gojek menyediakan paket lengkap bagi UMKM yakni akses pasar yang lebih luas dengan masuk ke ekosistem Gojek, akses ke teknologi melalui platform Gojek sekaligus akses ke peningkatan kemampuan dan pengetahuan dengan pelatihan dan modul.” ujar Shinto. Saat ini, di ekosistem Gojek telah hadir tiga super-apps yang salah satunya ditujukan membantu para merchant terutama UMKM mengembangkan dan mengelola usahanya.